Hari IBU 2010

June 17, 2011

Hari ini, tanggal 22 desember 2010, bangsa Indonesia memperingati HARI IBU, sebuah peringatan khusus untuk Read the rest of this entry »

Advertisements

Idealisme di Persimpangan

June 17, 2011

Pagi ini, Kamis 05 Nopember 2009, seperti biasanya dengan sepeda motor saya berburu waktu menuju tempat mengajar di SMA Negeri Unggulan M.H. Thamrin Jakarta Timur.
Seperti biasanya juga di jalan raya kota Jakarta berburu dengan kemacetan, ketergesaan dan kekacauan.
Bukan sekali memang, kejadian pengendara saling serobot seenaknya, baik motor maupun mobil. Tapi kali ini membuat hati ragu untuk “istiqomah” dalam kebaikan dan keteraturan.
Betapa tidak? di suatu perempatan jalan raya, seperti biasanya sebagian besar sepeda motor berburu sedekat mungkin dengan lampu merah di perempatan. Kontan saja ini membuat sepeda motor “menguasai” penuh perempatan dan tampak terlihat menggelembung di perempatan. Tak perduli ada polisi atau tidak, itulah yang terjadi hampir setiap hari.
Pada saat lampu di bagian saya berhenti di perempatan masih menyala merah, karena bagian lain mulai agak berkurang kendaraan yang lewat, praktis sebagian sepeda motor curi-curi kesempatanm untuk menerobos. Satu dua motor sudah kabur menerjang lampu merah. Begitu ada kesempatan lagi, melajulah beberapa motor lagi. Begitulah seterusnya.
Dan, persis pada saat ruas sebelah kiri mulai bergerak sesuai bagiannya ke arah kanan seberang kami, maka suasana di depan tentu kosong kendaraan dari berbagai arah. Tak pelak, situasi itu dimanfaatkan sebagian besar kendaraan dari arah kami bergerak maju, hampir semuanya bergerak.
Tinggal saya dalam kegalauan pada saat klakson kendaraan di belakang berbunyi kencang meminta saya ikut bergerak juga walaupun sebenarnya belum waktu atau bagiannya.
Sumpah serapah terdengar pada saat saya tetap diam tidak bergerak. “Goblok, maju dong!!!” begitu teriaknya. Bahkan, karena saya tidak juga beranjak, pengendara lain lebih kasar lagi membentak, “Hei, congek apa ya? maju dong…!!!”.
Bersyukur, di sebelah kanan saya juga masih tetap diam tidak ikutan bergerak maju memenuhi perempatan yang sudah sangat semrawut. Terdengar dari nada suaranya, sepertinya beliau sudah cukup berusia, mungkin sekitar 50-an tahun.
Ujarnya, “Yah beginilah Mas bangsa kita. Hampir semuanya tak peduli dengan keselamatan apalagi aturan lalu lintas. Semua hanya memikirkan diri sendiri, yang penting dirinya dapet, cepet. Tidak peduli orang lain dirugikan atau membahayakan keselamatan”.
Katanya lagi, “Kadang mereka suka ada yang bilang, ngapain taat ama peraturan segala. Emangnya kalo telat kerja, trus dipecat, polisi atau orang lain mau nolongin kita? Udah, kalo ada kesempatan cabut aja. Wong para pejabat di atas aja nggak ada yang bisa dicontoh. Kita yang taat malahan rugi tau?”
Masya Allah, haruskah saya juga berpendapat seperti itu? Semakin kita berusaha mengikuti aturan, justru semakin dipinggirkan, semakin ditinggalkan dan semakin dirugikan orang lain. Rugi sendiri jadinya.
Wah, idealismeku tertantang di persimpangan. Akankah bertahan dan ditinggalkan? ataukah ikut arus dan mulus …..?
Bagaimana dengan Anda ???


Sajian “Dinner” Istimewa

June 17, 2011

Ahad, 7 Juni 2009, selepas mengajar kuliah di STAI Fatahillah, Serpong Tangerang, saya bergegas pulang ke rumah.
Saya agak terburu-buru karena istriku sudah berkali-kali kirim SMS agar cepat pulang, ada “surprise” katanya.
Yah, memang, sepulang dari Bandung semalam, saya belum banyak bercengkerama dengan anak-anak, karena harus mengajar di kampus.
Sesampai di rumah, saya agak kaget atas ulah anak-anak yang tidak seperti biasanya.
Mereka, sudah menyiapkan makanan kesukaanku, udang!!! ya sambal goreng kentang dengan udang.
Subhanallah, terima kasih anak-anakku….
Memang, terkadang penghargaan bukan pada besarnya nilai atau harga, tapi pada ketulusannya….


SABAR

March 13, 2009

0434“Kamu harus sabar dong…”, bentak seorang ibu kepada anaknya yang mulai tidak sabaran.

“Bapak enggak ngerti deh harus dikasi tahu gimana lagi kamu ini, benar-benar tidak bisa sabar. Bapak benci sama orang yang tidak sabaran. Awas kalau masih tidak sabar juga” Hardik seorang guru sambil melotot kepada muridnya.

Kita sering meminta orang lain untuk bersabar, tapi dengan cara yang menunjukkan bahwa kita juga memang tidak bisa sabar, Masya Allah ……


Istri Shalihah

March 3, 2009

Dalam gurat raut wajahnya, dalam kucuran peluhnya

ku tahu ia sangat berati

Ia begitu rela mengabdikan dan menyerahkan seluruh jiwa dan raganya

untuk menjadi pendampingku, duhai istriku……

Pantaskah aku marah padanya, hanya karena kesalah kecil yang dibuatnya?

Menjadi istri shalihah, bukan berarti tanpa salah

Tapi ia pandai bersegera meminta maaf dikala salah

Menjadi istri shalihah, bukan berarti tanpa cela

Tapi ia menutupinya dengan kemuliaan sikapnya

Istri Shalihah, menyenangkan kala bersamanya

Tak ada syak kala meninggalkannya